Koko Ari Resmi Jalani Operasi Cedera ACL Hari Ini

Koko Ari

Bek sayap Persebaya, Koko Ari Araya harus naik meja operasi dalam rangka penyembuhan cedera robekan pada otot ligamen anterior cruciate ligament (ACL) yang dialaminya. Direncanakan, Koko akan menjalani tindakan medis lanjutan pada hari ini (27/7).

“Persebaya menyampaikan ke PSSI bahwa Koko Ari adalah aset Persebaya dan aset tim nasional, usia masih muda dan punya potensi karir yang masih panjang, itu yang menjadi alasan kita mempertimbangkan operasi,” ujar dokter tim Persebaya, dr. Pratama Wicaksana Wijaya, dikutip dari rilis resmi di laman klub Persebaya.

Persebaya juga telah berkomunikasi kepada federasi induk sepak bola Indonesia, PSSI lewat surat resmi. Diharapkan, PSSI juga memberikan balasan sebagai bentuk dukungan resmi terhadap tindakan yang akan dilakukan. 

Tim medis Persebaya juga sudah berbicara dengan pemain kelahiran 9 Januari 2000 itu terkait penanganan cedera ACL-nya. Dokter yang akrab disapa Tommy tersebut meyakinkan Koko bahwa Persebaya siap melakukan yang terbaik untuk pemain. “Komunikasi ke Koko yang bersangkutan sudah dimulai sejak pertama cedera, opsi-opsi dan planning selalu kita sampaikan. Nervous pasti ada, tapi dengan komunikasi yang baik, dia sudah ada bayangan rencana terapi serta planning-nya,” terang dr. Tommy. Tindakan tersebut, lanjut dr. Tommy, bisa membantu untuk support mental ketika tindakan operasi dan rehabilitasi panjang yang lebih menantang.

Sementara itu, pelatih Persebaya, Aji Santoso mengaku sudah memiliki rencana apabila tidak dapat menggunakan jasa pemain asli Surabaya itu dalam waktu dekat. Aji lebih mengutamakan masa depan pemain bertinggi 181 cm itu daripada mengorbankan untuk satu musim kompetisi. “Menurut saya alangkah baiknya jika Koko memang operasi. Jadi dia lebih percaya diri, artinya lebih nyaman. Mentality dia merasa sudah sembuh, meski masih butuh masa pemulihan,” jelas sang pelatih.

“Umpama Koko bisa gabung di kompetisi musim ini mungkin bisa setengah putaran (enam bulan). Tapi, yang penting setelah operasi insya Allah sembuh,” tandas pelatih asli Malang ini.

(pen: Arvendo Mahardika / ed: AM / foto: PSSI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *